Selasa, 08 Mei 2012

Gunung Klotok: Gunung Berwajah Manusia


Pada hari terakhir saya berada di Kediri, yaitu Minggu (6/05), saya pergi ke Gunung Klotok bersama kedua teman saya, Mey dan Della, beserta keluarga Della. Menaiki mobil keluarga Della, kami menuju gunung tersebut sekitar pukul 6 pagi.
Gunung Klotok sebenarnya bukun gunung tertinggi di Kediri, namun karena lokasinya tidak begitu jauh dari rumah Mey, kami pun pergi ke sana. Meski begitu, bukan berarti Gunung Klotok tak menarik untuk dikunjungi. Jika diamati baik-baik, Gunung Klotok tampak seperti wajah manusia dari samping yang melihat ke atas.
Gunung Klotok yang diselimuti kabut
Saya tidak menyangka bahwa gunung yang saya kunjungi cukup terawat. Dalam benak saya, yang namanya gunung ya hanya jalan menanjak berliku dengan banyak pepohonan sejauh mata memandang, serta daerah bersawah-sawah. Maklum, selama ini saya hanya pernah ke Gunung Lawu, tempat tinggal nenek-kakek saya.
Setiba di sana, Gunung Klotok masih tertutup kabut. Namun sudah ramai sekali oleh pengunjung, yang kebanyakan pergi ke sana untuk jogging. Ada yang pergi berjalan kaki, naik sepeda ontel, sepeda motor, dan juga mobil. Beberapa orang datang bersama keluarga, namun ada juga yang pergi bersama teman atau pacar. Pengunjung tidak hanya warga Kediri, namun juga dari kota lain seperti Malang.
Gunung Klotok terletak di Desa Sukorame, Kecamatan Mojoroto. Gunung tersebut ternyata telah ‘disulap’ menjadi daerah wisata, dan ramai dikunjungi orang, terutama setiap akhir minggu pagi. Di sana, pengunjung tidak hanya akan melihat pepohonan, karena juga terdapat tempat-tempat bersejarah seperti Goa Selomangleng, Museum Airlangga, makam Ki Ageng Selomangleng, sampai kolam renang dan sirkuit motor cross.
Goa Selomangleng

Patung Dewi Sekartaji
Karena sudah menjadi tempat wisata, jadi banyak pula penjual barang-barang mulai dari tas, kaos, hingga kerajinan dari kayu. Di kala perut meraung-raung, tak ada salahnya mencoba sate ayam yang empuk dan lezat di depan jalan menuju goa Selomangleng.
Tema: Wisata Alam

6 komentar:

  1. nggak pernah memperhatikan detail, kalo ternyata gunung klotok itu punya kontur seperti wajah manusia yang menatap angkasa. wondering, apa yang ditatap oleh gunung itu... .

    BalasHapus
  2. andai gak dikasih tau temenku n bapaknya, aku juga gak bakal pernah nyadar kalo bentuknya kayak wajah manusia kok, Nee-chan.... :|

    BalasHapus
  3. bukannya goa selomangkleng itu di tulungagung ya???

    BalasHapus
  4. aku uda 6x ke klotok krn di atas ada makam kakek buyut ki bancolono,aku jg baru tau kalo gunung kloyok bentuknya spt muka manusia ,ayah ku asli dhoho kediri,trimakasih infonya kalo dtg lagi aku mau ambil gambar yg sudutnya sot muka manusia...{ari}

    BalasHapus
  5. gunung klothok
    gunung identitas kota Kediri.
    semoga identitas desa yang lugu, tenang, hijau, sumber air nya TETAP TERAWAT.
    WARGA KEDIRI , ALUMNI KOTA KEDIRI, PEMDA, PENGUSAHANYA.
    SAATNYA BERBALAS BUDI , JAGALAH HUTAN, SUNGAI, DAN SUMBER AIRNYA.

    BalasHapus

Monggo dikomen~